FAQ - IC3

Apa kelebihan IC3?

IC3 adalah sertifikasi untuk pengetahuan dan kemampuan menggunakan komputer dan internet dengan strandar sesuai dengan kebutuhan industri di seluruh dunia dan menggunakan penilaian yang akurat dan efektif sehingga dapat digunakan di dunia kerja.


Kegunaan IC3:

  • Memastikan pemilik sertifikat IC3 memiliki kemampuan penting yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis dengan efektif.
  • Mengembangkan kepercayaan diri dan keamanan ketika menjadi bagian dari "dunia digital"
  • Menjadi pondasi dasar yang merupakan pelengkap sertifikasi lainnya yang lebih spesifik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing.



Apa yang harus dilakukan untuk memperoleh sertifikat IC3?

Untuk memperoleh sertifikat IC3, pengambil tes harus lulus 3 (tiga) tes yang tersedia yaitu Computing Fundamentals, Key Applications dan Living Online yang merupakan tes pengetahuan tentang komputer berupa pertanyaan dasar dan soal latihan. Setiap tes membutuhkan waktu kurang dari 1 (satu) jam dan bisa dilakukan di semua IC3 Authorized Testing Center.



Kemampuan apa saja yang diujikan pada IC3?

Program sertifikasi IC3 mengujikan semua pengetahuan dan ketrampilan komputer yang dapat membuktikan kemampuan pada bagian-bagian sebagaimana tersebut dibawah. Individu yang membutuhkan sertifikasi IC3 diwajibkan mengambil dan lulus semua tes IC3 yaitu Computing Fundamentals, Key Applications dan Living Online.


IC3 – Computing Fundamentals

  • Computer Hardware
  • Computer Software
  • Using in Operating System

IC3 – Key Applications

  • Common Program Functions
  • Word processing Functions
  • Spreadsheet Functions

IC3 – Living Online

  • Networks and the Internet
  • Electronic Mail
  • Using the Internet
  • The Impact of Computing and the Internet on Society



Apa yang membuat pemilik sertifikat IC3 berbeda dari rekan-rekan mereka?

Komputer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dunia akademik dan hampir di semua bidang pekerjaan. Pada kenyataannya, baik di dunia akademik maupun dunia kerja, kemampuan dasar komputer dan internet merupakan prasyarat untuk dapat diterima di institusi pendidikan maupun pekerjaan. Sehingga kebutuhan akan standar pengukuran kemampuan dasar komputer semakin meningkat. IC3 merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut dan akan menjadikan pemilik sertifikat IC3 berbeda dengan rekan-rekannya dikarenakan memiliki sertifikat berstandar internasional yang merupakan bukti atas kemampuan komputernya.



Bagaimana cara mengikuti ujian IC3?

Individu yang ingin mengikuti tes IC3 dapat menghubungi Autorized Test Center untuk menjadwalkan pelaksanaan ujian. IC3 Authorized Testing Center dapat dilihat di Certiport Center Locator pada Certiport website (www.certiport.com).
Untuk individu yang berada di Indonesia dapat menghubungi PT International Test Center/ITC (www.itc-indonesia.com).



Dimana pengambil tes dapat melihat hasil tes mereka?

Hasil tes akan diumumkan dalam bentuk lembar hasil nilai setelah pengambil tes menyelesaikan ujiannya. Pengambil tes yang lulus pada ketiga ujian dalam IC3 akan menerima sertifikat dalam jangka waktu 2 minggu setelahnya.

Hasil tes dapat dilihat secara online melalui layanan Certiport’s Authenticated Digital Transcript. Layanan ini memungkinkan akses cepat untuk melihat hasil tes setiap saat. Pengambil tes IC3 bisa masuk ke website Certiport dengan aman untuk memastikan informasi biodata, melihat hasil tes dan sertifikasi serta mengijinkan pihak lain untuk melihat hasil tesnya.

Kemudian, mereka dapat dengan mudah menunjukan transkrip dan sertifikat mereka kepada perusahaan tempat mereka melamar pekerjaan, institusi pendidikan dan lainnya. Layanan digital transcript dapat dilihat di website Certiport (www.certiport.com) dan tidak dikenai biaya.



Apakah pengambil tes dapat melihat format tes sebelum menjalankannya?

Contoh pertanyaan dalam tes IC3 dapat dilihat di IC3 Exam Demonstration pada website Certiport (www.certiport.com). Kami menyarankan pengambil tes melihat IC3 Exam Demonstration terlebih dahulu agar dapat memahami bagaimana pelaksanaan tes IC3.



Bagaimana saya dapat mengimplementasikan program IC3?

Menjadi IC3 Authorized Testing Center, Anda diperbolehkan melaksanakan tes IC3 di institusi Anda. Selain itu institusi Anda juga dapat mengadakan program lainnya yang dapat mendukung kelulusan para pengambil tes IC3, dan hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri bagi institusi Anda.



Bila ada pertanyaan lainnya, kemana saya harus menghubungi?

Bila ada pertanyaan lainnya yang belum terjawab pada lembar ini, silakan Anda kunjungi situs Certiport (www.certiport.com) atau situs Country Master Distributor di Indonesia, PT International Test Center (www.itc-indonesia.com)



Mengapa Certiport menciptakan IC3 GS3?

IC3 Global Standard 3 (IC3 GS3) diciptakan untuk menjamin bahwa IC3 selalu sesuai dengan kebutuhan keahlian digital saat ini. Kami menyadari bahwa teknologi selalu berubah jadi merupakan hal penting bagi kami untuk selalu menciptakan program pengukuran teknologi dan keahlianyang sesuai dengan keadaan saat ini.



Operating system dan Microsoft Office versi apa yang digunakan pada tes IC3 GS3?

Tes IC3 GS3 didasarkan pada Microsoft Office 2007 dan Windows Vista®.



Bagaimana Saya dapat mengikuti tes IC3 GS3?

Tes IC3 GS3 dijalankan dengan menggunakan Certiport iQsystem pada pusat Certiport. Voucher IC3 dapat juga digunakan untuk mengikuti tes IC3 GS3.



Dimana saya bisa mendapatkan informasi tentang IC3 GS3?

Silakan kunjungi www.certiport.com/ic3 dan www.itc-indonesia.com



end

 

Artikel Terkait:

 




Disclaimer: As the largest test center in Indonesia, ITC provides comprehensive information about international standard tests and learning tools in this website. Pelase share the information to anyone through any medium. We really appreciate if you put www.itc-indonesia.com or the related link as the source of information. Thank you very much.

Copyright © 2014 International Test Center (ITC) - Indonesia. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Powered by Joomla 1.7 Templates