TOEIC®

TOEIC® (Test of English for International Communication) adalah tes keahlian berbahasa Inggris untuk orang-orang yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris.  Tes TOEIC® dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk individu yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan internasional. Skor TOEIC® menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan orang lainnya dalam dunia pendidikan, bisnis, perdagangan dan industri. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan  atau istilah khusus selain dari bahasa Inggris yang dipergunakan sehari-hari.

TOEIC® mengukur secara objektif dan akurat mengenai kemampuan berkomunikasi seseorang dalam bahasa Inggris. Tes ini dirancang berdasarkan kondisi sehari-hari yang dijalani setiap orang. Sehingga tes ini  sangat mudah dipahami dan dirasakan langsung manfaatnya karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari yang dialami setiap orang di lingkungannya. 

TOEIC

Lebih dari 30 tahun, tes TOEIC® Listening and Reading menjadi standar untuk pengukuran keahlian mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris yang dibutuhkan individu yang sedang belajar atau bekerja di lingkungan internasional.

  • Keahlian mendengarkan sangat penting untuk komunikasi dengan bertatap muka, rapat, konferensi melalui video dan percakapan melalui telepon.
  • Keahlian membaca dibutuhkan untuk email, laporan, newsletter dan dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam korespondensi dunia bisnis.

 

TOEIC® Listening and Reading mengukur  seberapa baik seseorang memahami bahasa Inggris yang didengar atau dibaca di tempat bekerja. TOEIC® Listening and Reading merupakan pilihan lebih dari 7 juta peserta tes dalam setahun dan diakui oleh 10 ribu perusahaan dan lembaga pendidikan selama lebih dari 30 tahun.

Sebagai alat ukur yang jujur dan objektif untuk kemampuan bahasa Inggris, TOEIC® Listening and  Reading dapat digunakan untuk kebutuhan:

  • Siswa, untuk mengetahui tingkat kemajuan mereka dan standar untuk menjadi warga dunia yang produktif
  • Pencari kerja, untuk bergabung dalam dunia kerja atau mencarai posisi baru
  • Pekerja, untuk keperluan promosi, penempatan, penugasan ke luar negeri

 

Ketika TOEIC® Listening and Reading  diambil  bersama dengan TOEIC® Speaking and Writing, maka  skor TOEIC®  akan memberikan informasi  mengenai tingkat kemahiran bahasa Inggris secara keseluruhan yang terdiri dari empat keterampilan (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis).

 

Website ETS

 

Format

Soal TOEIC® yang diujikan berbentuk pilihan berganda, berisi 200 pertanyaan yang dibagi dalam dua bagian:

Sesi Listening (45 menit)

Peserta tes mendengarkan berbagai pertanyaan dan percakapan singkat dalam bahasa Inggris lalu menjawab berdasarkan apa yang telah mereka dengarkan.

Photographs 10 soal
Question - Response 30 soal
Short Conversations 30 soal
Short Talks 30 soal

 

Sesi Reading (75 menit)

Peserta tes membaca berbagai bacaan dan menjawab pertanyaan mengenai bacaan.

Incomplete Sentence 40 soal
Text Completion 12 soal

Reading Comprehension

- Single Passage

- Double Passage

 

28 soal

20 soal

Untuk informasi lebih lanjut silakan pelajari contoh tes TOEIC® Listening and Reading (PDF) berikut ini: 

Skor

Skor

Skor TOEIC® Listening and Reading ditentukan berdasarkan jumlah soal yang dijawab dengan benar yang dikonversikan ke skala penentuan skor. Pada lembar skor tersedia skor dari sesi Listening, sesi Reading dan skor secara keseluruhan.

 

Score Descriptors

"TOEIC® Listening and Reading Score Descriptors" menyediakan informasi tambahan agar peserta tes semakin memahami kelebihan dan kekurangannya serta dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikembangkan.

 

Penggunaan Skor

Skor digunakan untuk mengukur kemampuan peserta tes menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari untuk mendengarkan dan membaca.

 

Masa Berlaku Skor

Skor digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris peserta tes pada saat mengikuti tes. Karena kemampuan bahasa Inggris dapat berubah dari waktu ke waktu, skor hanya berlaku selama dua tahun setelah mengikuti tes.

"TOEIC® Listening and Reading Can-Do Guide" dapat menajdi panduan untuk mengetahui makna skor TOEIC Listening and Reading dalam konteks tertentu. Can-Do Guide ini menggambarkan apa saja yang dapat dilakukan dengan baik, dilakukan namun disertai beberapa kesulitan dan yang tidak dapat dilakukan oleh peserta tes.

 

Unduh

The TOEIC® Listening and Reading Score Descriptors

TOEIC® Listening and Reading Can-Do Guide

 

Korelasi CEFR

The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dibuat oleh Council of Europe yang bertujuan untuk menyediakan penilaian kemampuan bahasa yang berlaku untuk semua bahasa di Eropa, termasuk bahasa Inggris. CEFR merupakan dasar pengelompokan kemampuan bahasa yang digunakan di Eropa dan mulai diadopsi oleh negara-negara lain, misalnya Kolombia dan Filipina.

CEFR merupakan gambaran umum kemampuan berbahasa seseorang yang dibagi dalam beberapa tingkatan yaitu: A1 – A2 (Basic User), B1 – B2 (Independent User), C1 – C2 (Proficient User). CEFR digunakan oleh instruktur bahasa, pendidik, pembuat kurikulum dan institusi yang bergerak di bidang pengembangan kemampuan bahasa untuk memahami kemampuan yang dimiliki seseorang yang berada pada level tertentu dalam CEFR.

Skor TOEIC® dapat dikorelasikan dengan CEFR sebagai berikut:

Sesi Rentang Skor Skor Minimum
A1 A2 B1 B2 C1
Listening      5 - 495 60 110 275 400 490
Reading 5 - 495 60 115 275 385 455

 

Deskripsi Kemampuan Berdasarkan Tingkatan CEFR

C1    Can understand a wide range of demanding, longer texts, and recognise implicit meaning. Can express him/herself fluently and spontaneously without much obvious searching for expressions. Can use language flexibly and effectively for social, academic and professional purposes. Can produce clear,  well-structured, detailed text on complex subjects, showing controlled use of organisational patterns, connectors and cohesive devices.
B2 Can understand the main ideas of complex text on both concrete and abstract topics, including technical discussions in his/her field of specialisation. Can interact with a degree of fluency and spontaneity that makes regular interaction with native speakers quite possible without strain for either party. Can produce clear, detailed text on a wide range of subjects and explain a viewpoint on a topical issue giving the advantages and disadvantages of various options.
B1 Can understand the main points of clear standard input on familiar matters regularly encountered in work, school, leisure, etc. Can deal with most situations likely to arise whilst travelling in an area where the language is spoken. Can produce simple connected text on topics which are familiar or of personal interest. Can describe experiences and events, dreams, hopes and ambitions and briefly give reasons and explanations for opinions and plans.
A2 Can understand sentences and frequently used expressions related to areas of most immediate relevance (e.g. very basic personal and family information, shopping, local geography, employment). Can communicate in simple and routine tasks requiring a simple and direct exchange of information on familiar and routine matters. Can describe in simple terms aspects of his/her background, immediate environment and matters in areas of immediate need.
A1 Can understand and use familiar everyday expressions and very basic phrases aimed at the satisfaction of needs of a concrete type. Can introduce him/herself and others and can ask and answer questions about personal details such as where he/she lives, people he/she knows and things he/she has. Can interact in a simple way provided the other person talks slowly and clearly and is prepared to help.

 

Persiapan Tes

Peserta tes dapat mempersiapkan diri dengan menggunakan sarana persiapan berikut:

TOEIC® Examinee Handbook

TOEIC® Test Preparation Guide (Bilingual Edition)

 

 

 

 

 

 

Keunggulan Lain

Syarat Memperoleh Visa UK

Sejak tanggal 29 November 2010, warga non Eropa yang ingin masuk atau menetap di UK (United Kingdom) sebagai pasangan dari warga UK atau pasangan dari seseorang yang tinggal di UK harus menunjukkan kemampuannya berbicara dan memahami komunikasi dalam bahasa Inggris agar mereka mampu melakukan kegiatan sehari-hari di UK, dengan menunjukkan hasil tes bahasa Inggris yang telah ditentukan oleh pemerintah UK, termasuk tes TOEIC®.

Seseorang membutuhkan tes TOEIC untuk memperoleh visa apabila:

  • berasal dari negara di luar European Economic Area dan Swiss; dan
  • merupakan pasangan dari warga UK atau seseorang yang tinggal di UK; dan
  • ingin masuk atau tinggal di UK sebagai suami, istri, tunangan atau pasangan.

 

Siapa pun yang ingin masuk ke UK sebagai pasangan harus menunjukkan kemampuan bahasa Inggris di tingkat A1, tingkatan yang sama juga dibutuhkan untuk pekerja yang berada di bawah Tier 2 berdasarkan sistem point-based.

Skor TOEIC® yang Dibutuhkan

Tingkatan CEFR Skor TOEIC® yang Dibutuhkan
C1

Listening & Reading – 875

Speaking & Writing - 360

B2

Listening & Reading - 785

Speaking & Writing - 310

A1

Listening - 60

Speaking - 50

 

Sumber: http://www.ukvisas.gov.uk/en/aboutus/features/englishlangrequirementpartners

 

 

TOEIC&TOEFL

TOEIC® dan TOEFL® dibuat oleh ETS untuk tujuan yang berbeda.

Perbedaan TOEIC® TOEFL®
Kepanjangan Test of English for International Communication Test of English as a Foreign Language
Tujuan Mengukur profisiensi bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di dunia global Mengukur profisiensi bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pendidikan
Fokus Bahasa Inggris yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari baik lisan maupun tulis Bahasa Inggris yang digunakan dalam dunia akademis seperti diskusi kelas, pembuatan tugas dan lain-lain
Kegunaan

Untuk perusahaan/Institusi Pemerintah:

  • Dasar pertimbangan dalam perekrutan dan promosi karyawan
  • Alat ukur kesiapan karyawan untuk mengikuti pelatihan berskala internasional
  • Bukti keberhasilan karyawan setelah mengikuti pelatihan yang diadakan perusahaan

 

Untuk Institusi Pendidikan:

  • Dasar pertimbangan dalam pemetaan kemampuan bahasa Inggris siswa dan pendidik
  • Alat ukur perkembangan kemampuan bahasa Inggris siswa
  • Salah satu syarat kelulusan siswa

 

Untuk Individu:

  • Bukti kompetensi kesiapan menjadi bagian dari dunia global                                     
  • Alat ukur kemampuan untuk menempuh pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
  • Salah satu syarat mengikuti program beasiswa dan  pertukaran pelajar.
Format Paper-based Internet-based
Skor 10 - 990                                                            0 - 120

Testimoni

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (P4TK)

 "Our institution undoubtely believes that the TOEIC has set a clear standard in mapping the teachers' English abilities. On the basis of the result, we were able to train them according to their capabilities and needs.

TOEIC result has been necessary input for our institution to investigate the English competence of the teachers. Therefore, it helped us sort out and categorize their English abilities so that our institution found it very effective in putting them to their proper class"

 

 LG

"Kami mengambil tes TOEIC untuk karyawan kami dengan 2 tujuan. Pertama untuk diagnosa yaitu untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris sebagai kompetensi dasar mereka yang dibutuhkan untuk berkomunikasi setiap harinya dengan relasi dari kalangan ekspatriat. Kedua untuk indikasi – untuk promosi karir mereka (studi di luar negeri, karir dan lain-lain). Kami puas dengan hasil tes ini (listening and reading), sehingga dengan demikian kami dapat memilih program yang sesuai dengan yang dibutuhkan."

 

Panasonic

"As one of Panasonic Group company, we use TOEIC for our Top Management officers, as it has been done by our headquaters in Japan. This is the standard for our officers to perform in all subsidiaries around the world.

Beside that, Test of English for International Communication (TOEIC) is very important to measure the ability of non-native English speaking examinees to use English in everyday activity. also to increase conversation quality with related parties which mostly are foreign companies. Moreover, internaly we need TOEIC result as a guidance for developing and improving our employees' capability."

 

 

Pendaftaran

Tes TOEIC® diadakan setiap hari Senin s/d Jumat. Mengenai informasi jadwal test selengkapnya, silakan klik disini

 

Reservasi:

  • Dapat dilakukan melalui telepon pada hari kerja (Senin s/d Jumat) dari pukul 09.00 – 16.00 WIB, ke +6221 5711943
  • Minimal reservasi dilakukan 3 hari kerja sebelum tanggal tes yang diinginkan
  • Reservasi tidak dapat dikonfirmasi sebelum pembayaran diterima

 

Pendaftaran:

  • Pembayaran mohon dilakukan selambatnya 2 hari sebelum tanggal tes
  • Penjadwalan ulang tes harus dilakukan maksimal 1 hari sebelum tanggal tes dan hanya dapat dilakukan  1 kali dalam 1 bulan dengan dikenakan biaya tambahan sebesarIDR 150.000,-
  • Biaya test tidak dapat dikembalikan apabila terjadi pembatalan tes yang dilakukan kurang dari 1 hari sebelum tanggal test
  • Untuk pendaftaran diluar jadwal yang diberikan, dapat menghubungi ke +6221 5711943 ext. 200 (Divisi Test Administration)

 

Cara Pembayaran: 

1. Secara tunai/ debit Mandiri/ kartu kredit ke alamat:

 

PT. International Test Center (ITC)

Plasa Sentral, lt. 15,

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 47

Jakarta 12930

 

2. Secara transfer, melalui akun:

 

- Bank Mandiri (Cabang RS. Jakarta)

  (Rp) 122 -000-4260-181

 

- Bank BCA (Cabang Mangga 2 Square)

  (Rp) 591.071.3797 

 

Atas Nama Akun: PT. International Test Center

 

*Mohon agar bukti pembayaran difax ke +6221 5711944 atau email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan mencantumkan nama lengkap dan tanggal tes.

 

 

Artikel Terkait:

 

TOEIC® and TOEFL® are registered trademark of Educational Testing Service (ETS) in the United States and other countries, used under license in Indonesia.”

Disclaimer: Selaku test center terbesar di Indonesia, ITC menyediakan informasi lengkap mengenai tes berstandar internasional dan sarana pembelajarannya melalui website ini. Silakan membagikan informasi yang tersedia kepada siapapun dan melalui media apapun. Kami sangat berterima kasih apabila Anda mencantumkan sumber informasi tersebut berasal dari www.itc-indonesia.com atau tautan dari laman yang disalin. Terima kasih.

Hak Cipta © 2014 International Test Center (ITC) - Indonesia. Semua Hak Dilindungi.
Joomla! adalah software bebas dirilis dibawah lisensi GNU General Public License.
Powered by Joomla 1.7 Templates